17.9.15

Menjaring Pikiran


"Belajar tak sesusah yang dikirakan, ketika muncul pikiran itu, cari jalan keluarnya." ucapku pada siswa. 

Ketika saya melangkahkan kedua kakiku ke dalam ruangan tersebut, yang mesti saya aplikasikan metode pembelajaran baru agar membuat mereka yakin dengan pelajaran yang sulit menurutnya. terlebih dahulu tanya jawab antar pendidik dan siswa sebagai energi motivasi di awal dimulainya pembelajaran. 

Bermain sambil belajar perkatakaan yang terdengar enak ditelinga mereka, hasilnya keriuhan menggema, metode jaring pikiran namakan saja seperti itu, 

Siswa menyiapkan selembar kertas kosong yang telah dibagi dua atau sesuai dengan rencana pembelajaran. Kertas pribadi tersebut akan beralih ke siswa lain dan begitu seterusnya hingga soal usai lalu hasil jawaban yang tertulis bentuk kemampuan siswa tersebut. 

"Pertanyaan andaikata tak sesuai harapan (nilainya)?" 

Tak ada yang tak mungkin sebab proses pembelajaran membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk menghitung kemampuan. dan sebetulnya yang dinilai adalah sejauh manakah pemahamannya dan apakah mereka mampu menerapkan. 

0 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar