7.9.15

Mandirinya SiswaMu


Berguru dari sembilan ratus orang, menjual atap dan kayu dari rumahnya, salah seorang imam yang tersohor Malik bin Anas. Di antara untaian hikmahnya :

"Seorang pelajar mempunyai hak untuk mendapatkan rasa tenang dan takut. Ilmu akan baik bagi siapa yang diberi kebaikan darinya. Sesungguhnya kebahagiaan seseorang akan timbul bila diberi taufik untuk melaksanakan kebaikan, dan penderitaan seseorang akan timbul bila selalu tergelincir dan salah."

"Tidak layak seseorang untuk berbicara tentang sesuatu yang ia malu untuk mengatakannya, dan tidak layak untuk berjalan untuk memenuhi hajat yang ia malu untuk itu."

Apa!!!!
Membelalak tatkala mengetahui kesungguhan beliau, secara gitu ketaatan, ketakwaan, keyakinan dan d el d el. 

Mendidik seseorang seperti memberi asupan makanan yang baik. Ketika seorang siswa terus bergumam, lalu diikuti siswa lain, tampak nyata jika yang bersuara pertama kali menjadi sorotan kali ya, hehehe. Bijaksananya pendidik apabila membiarkan menumpahkan pengetahuan nya lalu diarahkan bahwa "seperti ini loh yang bener." Maka selebihnya urusan siswa tersebut, seakan mengajarkan untuk mandiri (mondar~mandir sendiri). 



0 komentar:

:) :( ;) :D ;;-) :-/ :x :P :-* =(( :-O X( :7 B-) :-S #:-S 7:) :(( :)) :| /:) =)) O:-) :-B =; :-c :)] ~X( :-h :-t 8-7 I-) 8-| L-) :-a :-$ [-( :O) 8-} 2:-P (:| =P~ :-? #-o =D7 :-SS @-) :^o :-w 7:P 2):) X_X :!! \m/ :-q :-bd ^#(^ :ar!

Posting Komentar